Pengantar Web Science
Tulisan berikut ini akan membahas tentang Pengantar Web
Science dengan sub-bab Pengertian Web Science dan Sejarah Web yang referensinya
saya dapatkan dari berbagai sumber.
Pengertian Web Science
Web Science adalah ilmu yang mempelajari tentang efisiensi
atau pemanfaatan dari sebuah web, agar dapat dirasakan manfaat dan kegunaannya
pada banyak bidang di dalam kehidupan sehari-hari. Di dalam web science kita
belajar bagaimana memberdayakan suatu sumber daya virtual sebagai media
komunikasi praktis. Dengan tampilan web yang menarik dan abtraktik agar
memunculkan minat orang banyak untuk membaca web tersebut.
Contoh-contoh nyata
yang sudah diterapkan dapat dilihat pada bidang komersil atau bidang ekonomi,
bidang sosial dan bidang pendidikan. Web science dapat bervariasi, dari satu
institusi pendidikan atau kursus lainnya, tapi para siswa umumnya akan belajar
dan membahas topik tentang:
- Growth of the web (Perkembangan Web)
- Different Web Architectures (Perbedaan arsitektur)
- Engineering Web (Rekayasa Web)
- Web Governance (Web Pemerintahan)
- Social Aspects of the Web (Aspek-aspek sosial dari Web)
Menurut Ben Shneiderman seorang Ilmuwan Komputer Amerika,
Web Science merupakan pengolahan informasi yang tersedia di web dalam hal yang
sama dengan yang diterapkan di
lingkungan alam.
Sejarah Web
PRE-WEB
Pre-web adalah era dimana prototype seperti memex, usenet, gopher dan
ftp muncul sebelum kemudian berevolusi menjadi internet. Internet sendiri
adalah tempat dimana web muncul pertama kalinya ke publik sampai saat ini.
MEMEX
The
memex (sebuahsingkatan dari "memori" dan "index") adalah
nama hipotetis proto-hypertext sistem yang Vannevar Bush jelaskan pada tahun
1945 pada artikel bulanan The Atlantic " As We May Think "(AWMT).
Bush membayangkan memex sebagai perangkat di mana individu akan mengkompres dan
menyimpan semua buku-buku mereka, catatan, dan komunikasi, "mekanis sehingga
dapat berkonsultasi dengan melebihi kecepatan dan fleksibilitas." The
memex akan memberikan "suplemen intim yang diperbesar ke memori
seseorang". Konsep memex mempengaruhi perkembangan awal hypertext sistem
(akhirnya mengarah ke penciptaan World Wide Web ) dan basis pengetahuan
personal software.
USENET
Singkatan dari user network, merupakan salah satu jaringan tertua yang
dilayani oleh internet. Awalnya didesain pada Duke University ditahun 1979 dan
dikembangkan pada Duke University dan
North Carolia University setahun kemudian, tujuan utama dari USENET adalah
untuk bertukar pesan teks (text message) di antara node (komputer yang
terhubung pada jaringan). USENET telah tumbuh untuk mencakup berbagai macam
forum dan juga newsgroup, dalam jumlah puluhan ribu node yang terhubung.
GOPHER
Gopher adalah protokol layer
aplikasi TCP/IP yang dirancang untuk distribusi, pencarian, dan pengambilan
dokumen melalui Internet. Sangat berorientasi pada desain dokumen menu,
protokol Gopher disajikan menarik untuk alternatif World Wide Web pada tahap
awalnya, tapi akhirnya gagal mencapai popularitas.
FTP
FTP merupakan salah satu protokol
Internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini
untuk melakukan pengunduhan (download) dan penggugahan (upload) berkas-berkas
komputer antara klien FTP dan server FTP. Sebuah Klien FTP merupakan aplikasi
yang dapat mengeluarkan perintah-perintah FTP ke sebuah server FTP, sementara
server FTP adalah sebuah Windows Service atau daemon yang berjalan di atas
sebuah komputer yang merespons perintah-perintah dari sebuah klien FTP.
Perintah-perintah FTP dapat digunakan untuk mengubah direktori, mengubah modus
transfer antara biner dan ASCII, menggugah berkas komputer ke server FTP, serta
mengunduh berkas dari server FTP.
INTERNET
Internet (kependekan dari
interconnection-networking) secara harfiah adalah sistem global dari seluruh
jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol
Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Manakala
Internet (huruf 'I' besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara
global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet
switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan
Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan
internetworking.
Web 1.0 2.0 3.0
- Web 1.0
Merupakan teknologi Web generasi
pertama yang merupakan revolusi baru di dunia Internet karena telah mengubah
cara kerja dunia industri dan media. Pada dasarnya, Website yang dibangun pada
generasi pertama ini secara umum dikembangkan untuk pengaksesan informasi dan
memiliki sifat yang sedikit interaktif. Berbagai Website seperti situs berita
“cnn.com” atau situs belanja “Bhinneka.com” dapat dikategorikan ke dalam jenis
ini.
- Web 2.0
Web 2.0 pertama kali
diperkenalkan oleh O’Reilly Media pada tahun 2004 sebagai teknologi Web
generasi kedua yang mengedepankan kolaborasi dan sharing informasi secara
online. Menurut Tim O’Reilly, Web 2.0 dapat didefinisikan sebagai berikut: “Web
2.0 adalah revolusi bisnis di industri komputer yang disebabkan oleh penggunaan
internet sebagai platform, dan merupakan suatu percobaan untuk memahami
berbagai aturan untuk mencapai keberhasilan pada platform baru tersebut. Salah
satu aturan terutama adalah: Membangun aplikasi yang mengeksploitasi efek
jaringan untuk mendapatkan lebih banyak lagi pengguna aplikasi tersebut”
Berbagai layanan berbasis web seperti jejaring sosial, wiki dan folksonomies
(misalnya: “flickr.com”, “del.icio.us”) merupakan teknologi Web 2.0 yang
menambah interaktifitas di antara para pengguna Web.
- Web 3.0 / Semantic Web
Walaupun masih dalam perdebatan
di kalangan analis dan peneliti, istilah Web 3.0 tetap berpotensi menjadi
generasi teknologi di dunia Internet. Saat ini, definisi untuk Web 3.0 sangat
beragam mulai dari pengaksesan broadband secara mobile sampai kepada layanan
Web berisikan perangkat lunak bersifat on-demand [Joh07]. Namun, menurut John
Markoff, Web 3.0 adalah sekumpulan teknologi yang menawarkan cara baru yang
efisien dalam membantu komputer mengorganisasi dan menarik kesimpulan dari data
online. Berdasarkan definisi yang dikemukakan tersebut, maka pada dasarnya
Semantic Web memiliki tujuan yang sama karena Semantic Web memiliki isi Web
yang tidak dapat hanya diekpresikan di dalam bahasa alami yang dimengerti
manusia, tetapi juga di dalam bentuk yang dapat dimengerti, diinterpretasi dan
digunakan oleh perangkat lunak (software agents). Melalui Semantic Web inilah,
berbagai perangkat lunak akan mampu mencari, membagi, dan mengintegrasikan
informasi dengan cara yang lebih mudah [Tim01]. Pembuatan Semantic Web
dimungkinkan dengan adanya sekumpulan standar yang dikoordinasi oleh World Wide
Web Consortium (W3C). Standar yang paling penting dalam membangun Semantic Web
adalah XML, XML Schema, RDF, OWL, dan SPARQL.
A.Pengaruh terhadap kehidupan social
Dampak positif internet bagi
masyarakat adalah pada bagian informasi. Masyarakat dapatmenelusuri dan
mengetahui banyak hal dari internet. Jika pada masa sebelum ada internet
informasi adalah hal yang terbatas, tidak lagi pada masa kini. Internet dapat
membantu masyarakat menemukan informasi apa saja yang mereka butuhkan, terutama
yang berkaitan dengan tugas dan pelajaran dikehidupan sehari-hari. Dulu ilmu
pengetahuan hanya ada jika dicari dalam buku atau bertemu dengan orang yang lebih
pintar. Orang harus membuka berbagai jenis buku dan koran untuk mencari tahu
tentang suatu info.
Berbagai manfaat internet bagi masyarakat antara lain yaitu
:
Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet
yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat
berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
Media pertukaran data, dengan menggunakan email, newsgroup,
ftp dan www (world wide web jaringan situs-situs web) para pengguna internet di
seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
Media untuk mencari informasi atau data, perkembangan
internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang
penting dan akurat.
Kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet sehingga
manusia tahu apa saja yang terjadi.
Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang
pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain
Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang
perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju ke tempat penawaran/penjualan.
Dampak Negatif Penggunaan Internet secara umum adalah
sebagai berikut :
Cybercrime
Adalah kejahatan yang di lakukan seseorang dengan sarana
internet di dunia maya yang bersifat.
- Melintasi batas Negara
- Perbuatan dilakukan secara illegal
- Kerugian sangat besar
- Sulit pembuktian secara hukum
- Bentuk-bentuk cybercrime sebagai berikut :
a. Hacking
Usaha memasuki sebuah jaringan dengan maksud mengeksplorasi
atupun mencari kelemahan system jaringan.
b. Cracking
Usaha memasuki secara illegal sebuah jaringan dengan maksud
mencuri, mengubah atau menghancurkan file yang di simpan padap jaringan
tersebut.
Pornografi
Anggapan yang mengatakan bahwa
internet identik dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan
penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela.Untuk
mengantisipasi hal ini, para produsen ‘browser’ melengkapi program mereka dengan
kemampuan untuk memilih jenis home-page yang dapat di-akses.Di internet
terdapat gambar-gambar pornografi dan kekerasan yang bisa mengakibatkan
dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal.
Violence And Gore
Kekejaman dan kesadisan juga banyak
ditampilkan. Karena segi bisnis dan isi pada dunia internet tidak terbatas,
maka para pemilik situs menggunakan segala macam cara agar dapat ‘menjual’
situs mereka. Salah satunya dengan menampilkan hal-hal yang bersifat tabu.
B.Pengaruh terhadap Ekonomi
Kemajuan Teknologi Informasi
mempengaruhi segala Aspek Kehidupan salah satunya yang menonjol adalah
penggunaan Teknologi Informasi dalam Bidang Ekonomi. kemajuan ini memberikan
dampak positif dalam bidang perekonomian
salah satunya, yaitu :
- Pertumbuhan ekonomi yang semakin Tinggi, Hal ini ditunjukan
dengan banyaknya perusahaan besar menggunakan Perangkat dan sistem yang
berbasis Teknologi Informasi.
- Tingkat Produktifitas semakin tinggi,dalam hal ini di dunia
Industrialisasi dikarenakannya adanya Otomatisasi dalam bidang perkantoran.
- Terjadinya Industrialisasi di berbagai daerah,Hal ini
ditunjukan semakin banyak kota yang berkembang untuk maju,dan tidak hanya
terjadi di kota- kota besar saja.
- Kemajuan teknologi akan meningkatkan kemampuan produktivitas
dunia industri baik dari aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis
produksi. Investasi dan reinvestasi yang berlangsung secara besar-besaran yang
akan semakin meningkatkan produktivitas dunia ekonomi. dampak perkembangan
teknologi di dunia industri akan semakin penting. Tanda-tanda telah menunjukkan
dan dirasakan saat ini dengan berkembangnya E-Commerce memungkinkan konsumen
secara individual melakukan kontak langsung dengan Produsen yang menjual suatu
produk sehingga pelayanan dapat dilaksanakan secara langsung dan selera
individu dapat dipenuhi, dan yang lebih penting konsumen tidak perlu pergi ke
toko.
Web Science merupakan kajian
sains dari Web. Ketika Web telah bergerak ke ranah ilmu, maka pertanyaan
mendasar adalah bagaimana keilmuan ini melakukan metodologi. Bagaimana peneliti
atau engineer melakukan pendekatan terhadap Web untuk pemahaman dan relasinya
dengan domain sosial secara luas dan inovasi apa yang dapat dilakukan.
Berbagai penelitian yang berlangsung saat ini melakukan
pengembangan pada metodologi pemetaan (mapping) dan graph pada struktur Web
dengan sampling sebagai kunci utamanya [Leung, 2001]. Sebagai contoh laporan
riset [Fetterly, 2004] menyatakan bahwa 27% dari web di Jerman (.de) melakukan
perubahan setiap minggu. Model lain adalah metodologi model analisis yang
mengkombinasikan data empiris yang digunakan untuk melakukan determinasi
probabilitas. Metodologi pada Web Science akan dipengaruhi oleh perekayasaan
yang berlatar belakang industri maupun peneliti akademisi.
Sumber :
0 komentar:
Posting Komentar